Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Penggunaan Will dan Be Going To Dalam Bahasa Inggris

sharingenglishonline.com - Dalam Bahasa Inggris ketika kita akan menyatakan suatu kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang atau masa depan, kita dapat menggunakan dua cara yaitu Will dan Be going to. Ketika Will dan Be going to diartikan dalam Bahasa Inggris memiliki arti yang sama yaitu akan. Namun penggunaan Will dan Be going to memiliki perbedaan seperti berikut.

Will digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan dilakukan secara spontan atau tanpa perencanaan seperti contoh saya akan membersihkan kelas ini (I will clean this class). Terdapat susunan atau rumus dalam penggunaan Will seperti berikut,

(+) S + Will + V1 + O

(-) S + Will + Not + V1 + O

(?) Will + S + V1 + O?

Subject (S) yaitu I (saya), you (kamu), we (kita), they (mereka), she (dia perempuan), he (dia laki-laki), it (digunakan untuk benda)

Verb atau V1 yaitu kata kerja bentuk satu seperti contoh makan Bahasa inggisnya eat.

Berikut ini contoh dalam bentuk kalimat,

(+) We will eat meatball. (Kita akan makan bakso)

(-) We will not eat meatball. (Kita tidak akan makan bakso)

(?) Will we eat meatball? (Apakah kita akan makan bakso?

Terdapat beberapa penggunaan will dalam beberapa situasi seperti berikut,

- Digunakan untuk membuat keputusan yang cepat atau pilihan spontan, seperti contoh I am hungry, I will have fried rice yang artinya saya lapar, saya akan makan nasi goreng. Pada situasi tersebut saya lapar. Maka dibutuhkan keputusan yang cepat sehingga kalimat selanjutnya menggunakan Will.

- Prediksi yang berdasarkaan pendapat pribadi, seperti contoh I think Indonesia will win the world cup next year yang artinya saya pikir Indonesia akan menjuarai Piala Dunia tahun depan. Pada kalimat ini dimulai dari kalimat saya pikir yang berarti adalah pendapat pribadi. Lalu pada kalimat selanjutnya tidak mempunya bukti yang kuat membuat Indonesia akan menjuarai Piala Dunia. Maka kalimat tersebut menggunakan will.

- Menyatakaan fakta yang akan terjadi dimasa depan, seperti contoh the sun will rise tomorrow yang artinya matahari akan terbit besok. Pada kalimat ini menjelaskan jika tentu saja setiap hari matahari pasti akan terbit. Maka kalimat tersebut menggunakan will.

- Untuk membuat sebuah janji yang akan dilakukan dimasa depan, seperti contoh I Will come to your house tonight yang artinya saya akan datang ke rumahmu malam ini. Pada kalimat ini menjelaskan jika dia sedang membuat janji maka pada kalimat ini menggunakan Will.

Berbeda dengan Will. Be going to yaitu digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sudah direncanakan atau terencana, seperti contoh saya akan pergi ke rumah paman besok (I am going to uncle’s house tomorrow). Terdapat susunan atau rumus dalam penggunaan Be going to seperti berikut,

(+) S + Be going to + V1 + O

(-) S + Be  Not going to + V1 + O

(?) Be + S + going to + V1 + O?

Subject (S) yaitu I (saya), you (kamu), we (kita), they (mereka), she (dia perempuan), he (dia laki-laki), it (digunakan untuk benda)

Be sama dengan tobe yaitu Am, Are, Is

I                 = Am

You, We, They = Are

She, He, It         = Is

Berikut ini contoh dalam bentuk kalimat,

(+) We are going to study together tomorrow. (Kita akan belajar bersama besok)

(-) We are not going to study together tomorrow. (Kita tidak akan belajar bersama besok)

(?) Are we going to study together tomorrow? (Apakah kita akan belajar bersama besok?)

Pada be going to terdapat beberapa penggunaan dalam beberapa situasi seperti berikut,

- Menyatakan sebuah rencana yang telah disusun sebelumnya, seperti contoh We are going to go to Jakarta next week yang artinya kami akan pergi ke Jakarta  minggu depan. Sebuah perjalanan harus direncanakan terlebih dahulu selain karena harus membeli tiket, melakukan perjalanan juga harus mempersiapkan pembekalan oleh karena itu pada kalimat ini menggunakan Be going to.

- Prediksi berdasarkan fenomena yang terjadi seperti contoh the sky is getting darker. It is going to rain yang artinya langit terlihat semakin gelap. Hujan akan segera turun. Umumnya kita dapat memprediksi turunnya hujan dengan melihat fenomena alam yang sedang terjadi seperti langit dan awan yang sudah mulai gelap. Maka biasanya hujan akan turun.