Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Agreement Dan Disagreement Secara lengkap

sharingenglishonline.com - Apakah kalian sering mempunyai permasalahan dengan teman kalian yang disebabkan oleh perbedaan pendapat? Atau mungkin tentunya kalian pernah memiliki pendapat yang sama dengan teman kalian terhadap suatu masalah? Pada bahasa Inggris ungkapan ini disebut dengan expression of agreement and disagreement.  


Hal ini pada umumnya terkadang akan terjadi pada aktifitas sehari-hari. Namun sebelum teman kita menyatakan persetujuan atau tidak setuju kita akan bertanya terlebih dahulu kepada mereka. Sehingga mereka dapat menyatakan pendapat persetujuan atau tidak setuju. Berikut ini cara menanyakan pendapat persetujuan atau tidak setuju dalam Bahasa Inggris.

- Do you agree? (Apakah kamu setuju?)

- Do you agree with me? (Apakah kamu setuju denganku?)

- Do you agree if ........ ? (Apakah kamu setuju jika .........?)

- What do you think? (Bagaimana pendapatmu?)

Itulah ungkapan yang bisa kita gunakan untuk menanyakan persetujuan atau ketidak setujuan. Nah ketika kita ditanyakan tentang persetujuan, kita akan menyatakan kalimat ketuju (agreement) atau tidak setuju (disagreement) sesuai dengan yang kita alami. Berikut ini cara menyatakan kalimat ketuju (agreement) atau tidak setuju (disagreement) dengan benar.

Expression of Agreement adalah ungkapan yang digunakan untuk menyatakan persetujuan terhadap pendapat orang lain. Terdapat beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menyatakan persetujuan seperti berikut,

- I agree with you. (Saya setuju denganmu)

- That's great idea. (Itu ide yang bagus)

- You are perfectly right. (Kamu sangan benar)

- No doubt it. (Tidak ada keraguan tentang ini)

- Certainly! Your point is good. (Benar, ide kamu bagus)

- That's true. I support you. (Itu benar. Saya mendukungmu)

- I think so. (Saya pikir begitu)

- Absolutely. (Tepat)

- I suppose so. (Saya rasa begitu)

- I guess so. (Saya rasa begitu)

Sedangkan Expression of Disagreement adalah ungkapan yang digunakan untuk menyatakan ketidak setujuan terhadap pernyataan atau pendapat orang lain. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menyatakan ketidak setujuan seperti,

- I don't agree. (Saya tidak setuju)

- That's terrible idea. (Itu ide yang buruk)

- I disagree with you. (Aku tidak setuju denganmu)

- I doubt about it. (Saya ragu tentang ini)

- I am sorry. I think you're wrong. (Maaf. Saya pikir kamu salah)

- Maybe, there is a way better? (Mungkin, ada ide yang lebih baik)

- I don't think so. (Saya tidak pikir begitu)

 - I am not with you. (Saya tidak sepaham denganmu)

- That doesn't make sense. (Itu tidak masuk akal)

- No way. (Tidak)

- Yes, but ...... (Iya, tapi ..........)

Dari penjelasan diatas tentang cara menggunakan ungkapan setuju (agreement) atau tidak setuju (disagreement) dalam bahasa inggris dengan benar. Berikut contoh menggunakan ungkapan setuju (agreement) atau tidak setuju (disagreement) dalam bentuk perakapan.

Dinda: Hi Santi. Have you had lunch? (Hai Santi. Sudahkah kamu makan siang?)

Santi: I have not yet. What about you? (Belum. Bagaimana denganmu?)

Dinda: Neither do I. Let’s we had lunch together, then. Do you have any idea where shall we eat? (Aku juga tidak. Kalau begitu, ayo kita makan siang bersama. Apakah kamu punya ide di mana kita akan makan?)

Santi: Let me think. What about if we go to Urban Kitchen Restaurant? (Biarkan aku berpikir. Bagaimana kalau kita pergi ke Urban Kitchen Restaurant?)

Dinda: I am not sure with your idea. I have ever eaten there but the service was slow. (Saya tidak yakin dengan idemu. Saya pernah makan di sana tapi pelayanannya lambat)

Santi: Really? Do you agree if we eat in Food’o Clock Restaurant? It offers many local menu. (Benarkah? Apakah kamu keberatan jika kita makan di Food'o Clock Restaurant? Disana menawarkan banyak menu lokal.)

Dinda: That’s great idea. There is my favorite menu and the price is affordable. (Itu ide bagus. Ada menu favorit saya dan harganya terjangkau.)

Santi: Oke, Let’s go there. (Oke, ayo kesana.)