Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Attention (Perhatian) Beserta Contohnya

sharingenglishonline.com - Akan lebih seru jika sedang berbicara atau mengobrol dengan lawan bicara kita yang mendengarkan apa yang sedang dibicarakan. Apalagi pembicaraan kita di tanggapi atau direspon oleh lawan bicara kita.

Beda halnya jika saat kita akan berbicara dengan seseorang namun seseorang tersebut tidak memperhatikan atau tidak mendengarkan kita, hal ini tidak akan menyenangkan. Sehingga kita harus membuat seseorang tersebut melihat atau memperhatikan kita. Hal ini dalam bahasa Inggris dinamakan dengan Attention (perhatian).

Attention adalah ungkapan perhatian. Sehingga dengan ungkapan perhatian (Attention) dapat membuat lawan bicara kita fokus pada kita. Dalam ungkapan perhatian (Attention) terdapat cara meminta perhatian (asking attention) dan memberi perhatian (giving attention). 

Baca: Penjelasan Tentang Time (Jam)

1. Asking Attention

Asking attention adalah ungkapan yang digunakan untuk meminta perhatian dari seseorang. Terdapat beberapa cara meminta perhatian dalam bahasa Inggris seperti berikut,

- Listen to me. (Dengarkan aku)

- Attention please! (Tolong perhatiannya!)

- Excuse me. (Permisi)

- Can I get the attention. (Bisakah saya mendapatkan perhatian?)

- May I have your attention. (Bolehkah saya mendapat perhatian Anda)

2. Giving Attention

Giving attention adalah ungkapan yang digunakan untuk memberikan perhatian atau respon kepada seseorang. Berikut ini bebera cara untuk memberikan perhatian dalam bahasa Inggris.

- All right. (Baiklah)

- Really (Betulkah)

- I see (Saya mengerti)

- Ok

- Yes sir/ma’am. (Iya Pak/Bu)

Ungkapan perhatian (attention) suatu hal yang dibutuhkan ketika kita mengalami situasi yang mengharuskan seseorang untuk mendengarkan kita atau situasi ketika kita untuk memberikan perhatian, seperti contoh suasana kelas sedang gaduh sedangkan guru akan memulai pembelajaran. Sehingga guru akan meminta siswa untuk memperhatikan guru. 

Begitupun dengan siswa, mereka akan menjawab atau merespon guru dengan memberikan perhatian. Berikut ini contoh meminta dan memberikan perhatian dalam bentuk percakapan.

Situasi: Guru akan memulai pembelajaran tetapi siswa masih sibuk berbicara dengan temannya.

Mr. Brian: Attention please! I will start the leason. (Mohon perhatiannya! Saya akan memulai pelajaran)

Students: Yes, Sir. (Iya Pak)

Mr. Brian: Okay, today we will study about invitation. Did you bring sample of invitation. (Oke, hari ini kita akan belajar tentang undangan. Apakah kalian membawa contoh undangannya)

Students: Yes, Sir. (Iya Pak)

Mr. Brian: Let’s me see. Please collect your sample of invitation. (Coba saya lihat. Silakan kumpulkan sampel undangannya)

Students: All right, Sir. (Baiklah, Pak)

Baca: Penjelasan Tentang In, On, dan At 

Situation: Brian ingin bertanya jalan menuju bank kepada seseorang di pinggir jalan.

Brian: Excuse me. (Permisi)

Old man: Ya, what can I help you? (Ya, apa yang bisa saya bantu?)

Brian: Could you show me the way to the nearest Bank? (Bisakah Anda menunjukkan jalan ke Bank terdekat?)

Old man: Just turn the right and you will find the bank. It’s near the market. (Belok kanan saja dan Anda akan menemukan bank. Itu dekat pasar)

Brian: Thank you for the information. (Terima kasih atas informasinya)

Old man: You are welcome. (Sama-sama)

Itulah penjelasan tentang cara meminta dan memberi perhatian (Attention) dalam bahasa Inggris dengan benar. Selain itu dari beberapa kalimat di atas dapat digunakan sesuai dengan situasi yang sedang di alami.