Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Time (Jam) Dalam Bahasa Inggris

sharingenglishonline.com - Ketika membicarakan jam atau waktu pasti identik dengan ketepatan atau kedisiplinan. Karena waktu memiliki beberapa peran penting dalam kehidupan, seperti contoh kegiatan siswa disekolah. Siswa memiliki jadwal yang berisikan waktu seperti diantaranya waktu pelajaran akan dimulai hingga waktu pelajaran berakhir. Sehingga kegiatan siswa disekolah tersusun dengan rapi.

Dalam Bahasa Inggris, penyebutan atau pengucapan jam di bagi menjadi dua cara yaitu british style dan american style. Kita bisa memilih untuk ingin menggunakan british style dan american style. 


1. British style
Menyebutkan jam dalam british style yaitu menyebutkan menitnya terlebih dahulu baru menyebutkan jamnya. Berikut ini cara menggunakan british style.

Jika arah jarum jam yang panjang terletak di angka 3 atau 9, maka ditulis “Quarter”. Sedangkan jika arah jarum jam yang panjang terletak di angka 6, maka ditulis “Half”. Selain itu, dalam bahasa Inggris menyebutkan "lebih" menggunakan “Past” dan "kurang" menggunakan “To”. Secara gampangnya, jika arah jarum jam yang panjang terletak di antara angka 1 sampai 6 (sebelah kanan) menggunakan “Past” dan , jika arah jarum jam yang panjang terletak di antara angka 7 sampai 11 menggunakan “To”. Seperti contoh berikut ini

05.10 = ten past five
Pada jam di atas menunjukkan arah jarum jam yang panjang terletak di angka 2 (10 menit) dan arah jarum jam yang pendek terletak di angka 5. Sehingga cara penulisannya ten past five.

07.15 = quarter past seven
Pada jam di atas menunjukkan arah jarum jam yang panjang terletak di angka 3 (15 menit) dan arah jarum jam yang pendek terletak di angka 7. Sehingga cara penulisannya quarter past seven.

06.30 = half past six
Pada jam di atas menunjukkan arah jarum jam yang panjang terletak di angka 6 (30 menit) dan arah jarum jam yang pendek terletak di angka 6. Sehingga cara penulisannya half past six.

07.45 = quarter to seven
Pada jam di atas menunjukkan arah jarum jam yang panjang terletak di angka 9 (45 menit) dan arah jarum jam yang pendek terletak di angka 7. Maka cara membacanya jam 8 kurang 15 menit. Sehingga cara penulisannya quarter to seven.

06.50 = ten to seven
Pada jam di atas menunjukkan arah jarum jam yang panjang terletak di angka 10 (50 menit) dan arah jarum jam yang pendek terletak di angka 6. Maka cara membacanya jam 7 kurang 10 menit. Sehingga cara penulisannya quarter to seven.


2. American style
Berbeda dengan british style, cara menyebutkan jam dalam american style yaitu menyebutkan sesuai dengan angka atau sesuai jam tersebut. Berikut ini cara menggunakan american style. 

Cara penyebutannya di urut dari jam baru menitnya. Selain itu, cara penyebutannya sama dengan penyebutan jam dalam bahasa indonesia seperti contoh berikut ini,

05.10 = five ten
Pertama yang disebutkan jam yaitu 5 dalam bahasa Inggrisnya five. Setelah itu dilanjutkan dengan menit yaitu 10 dalam bahasa Inggrisnya ten. Jadi penulisannya five ten. 

07.15 = seven fifteen
Pertama yang disebutkan jam yaitu 7 dalam bahasa Inggrisnya seven. Setelah itu dilanjutkan dengan menit yaitu 15 dalam bahasa Inggrisnya fifteen. Jadi penulisannya seven fifteen.

06.30 = six thirty
Pertama yang disebutkan jam yaitu 6 dalam bahasa Inggrisnya six. Setelah itu dilanjutkan dengan menit yaitu 30 dalam bahasa Inggrisnya ten. Jadi penulisannya thirty.

07.45 = seven forty five
Pertama yang disebutkan jam yaitu 7 dalam bahasa Inggrisnya seven. Setelah itu dilanjutkan dengan menit yaitu 45 dalam bahasa Inggrisnya forty five. Jadi penulisannya seven forty five.

06.50 = six fifty
Pertama yang disebutkan jam yaitu 6 dalam bahasa Inggrisnya six. Setelah itu dilanjutkan dengan menit yaitu 50 dalam bahasa Inggrisnya fifty. Jadi penulisannya six fifty.

Jika dibandingkan dengan british style, cara menyebutkan jam dalam american style lebih mudah dan sederhana. Karena cara penyebutannya sesuai dengan angka pada jam tersebut atau tidak perlu di rubah. Sehingga memudahkan seseorang ketika akan menyebutkan jam dalam bahasa inggris. 

Berikut ini beberapa contoh cara menyebutkan jam dalam bentuk percakapan dengan british style dan american style seperti berikut.

- British style
Brian: tom, the food is delicious in this canteen. (tom, makanannya enak di kantin ini)
Tomi: you alright. But I prefer the fried rice. (kamu benar. tapi saya lebih suka nasi gorengnya)
Brian: really? (sungguh?)
Tomi: yes. The fried rice is delicious. (iya. Nasi gorengnya enak)
Brian: what time is it now? (jam berapa sekarang?)
Tomi: it is half past nine. (sekarang jam 9.30 menit)
Brian: really? I must go now. (sungguh? Saya harus pergi sekarang)
Tomi: why? The bell has not rung yet. (kenapa? Belnya belum berbunyi)
Brian: I should study for next lesson. (saya harus belajar untuk pelajaran selanjutnya)
Tomi: oke. Good luck. (oke. Semoga berhasil)

- American style
Susan: susan do you have history book? (susan apakah kamu punya buku sejarah)
Wanda: no, I have not. Why? (tidak, saya tidak punya. Kenapa?)
Susan: I need for my research. (saya butuh untuk penelitian saya)
Wanda: why don’t you borrow at the library? (kenapa kamu tidak meminjam di perpustakaan)
Susan: what time does exactly this library open? (jam berapa tepatnya perpustakaannya buka?)
Wanda: the library usually opens at eight o’clock. (perpustakaannya biasanya buka jam 8.00)
Susan: oke. I will go to the library. (oke. Saya akan pergi ke perpustakaan)
Wanda: good luck. (semoga berhasil)