Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Congratulation dan Celebration Expression Beserta Contohnya Secara Lengkap

sharingenglishonline.com - Mungkin kalian sudah pernah mendengarkan kata congratulation dan Celebration. Biasanya kata ini digunakan untuk menyatakan selamat kepada seseorang atas apa yang telah dicapai. Dalam bahasa Inggris ucapan selamat dapat dibedakan menjadi dua yaitu Congratulation dan Celebration Expression. 


Penjelasan Congratulation dan Celebration Expression Beserta Contohnya Secara Lengkap

Expression of Congratulation adalah ucapan atau ungkapan yang diberikan kepada seseorang yang sedang mendapatkan atau mengalami sesuatu yang memberikan kebahagiaan atau kepuasan. Sehingga kalian bisa menggunakan ungkapan ini untuk menyatakan ucapan selamat atas kesuksesan seseorang atau orang yang kalian kenal seperti contoh memenangkan lomba, juara kelas, atau hari kelulusan.

Sedangkan Expression of Celebration adalah ungkapan atau ucapan yang biasa digunakan dalam perayaan besar maupun kecil seperti perayaan hari ulang tahun hingga perayaan ulang tahun sebuah kota atau negara. 

 Terdapat beberapa ungkapan selamat bahasa Inggris yang dapat kalian gunakan. Berikut ini beberapa ungkapan yang dapat kalian gunakan untuk mengucapkan selamat.

1. Happy 

Happy memiliki arti selamat. Kata happy dapat kalian tambahkan dengan kata yang sesuai seperti contoh kalian ingin mengungkapkan selamat tahun baru. Jadi kata yang digunakan yaitu Happy New year yang artinya selamat tahun baru. Berikut ini contoh yang menggunakan kata Happy.

- Happy birthday

- Happy holiday

- Happy Eid Al-Fitr

- Happy anniversary

*Happy birthday dan Happy anniversary memiliki kegunaan yang berbeda yaitu Happy birthday ungkapan untuk hari ulang tahun. Sedangkan Happy anniversary digunakan untuk ungkapan hari jadi sesuatu yaitu suatu kota, sekolah, perusahaan, dll. Seperti contoh ucapan selamat hari jadi Surabaya yang ke 727 sehingga mengucapkan dengan kalimat Happy 727th anniversary Surabaya.

Baca: Penjelasan Tentang Penggunaan dan Perbedaan Pada In, On, dan At Dalam Bahasa Inggris

2. I’d like to congratulate you on your...

I’d like to congratulate you on your...  memiliki arti saya ingin mengucapkan selamat kepada kamu atas..... Kalimat ini dilanjutkan dengan kata yang sesuai dari pencapaian seseorang yang kalian ingin ucapkan.  Seperti contoh teman kalian memenangkan lomba pidato bahasa Inggris. Jadi kalian dapat mengungkapkan dengan I’d like to congratulate you on your achievement (saya ingin mengucapkan selamat kepada kamu atas prestasimu).

Ungkapan kalimat ini biasanya digunakan untuk mengucapkan selamat kepada seseorang yang dihormati atau dihargai seperti contoh orang tua, guru atau seseorang yang tidak terlalu dekat dengan kalian. Sehingga ungkapan ini digunakan dalam keadaan formal.

3. Congratulation for you

Congratulation for you memiliki arti selamat untukmu. Kalimat ini digunakan untuk mengucapkan selamat dalam keseharian dengan tanpa adanya situasi yang resmi. Jadi ungkapan ini bisa digunakan  dengan maksud yang lebih umum. Seperti contoh kalian ingin mengucapkan selamat pada teman kalian untuk hal apa saja tanpa harus menyebutkan momen atau prestasinya. 

Sehingga untuk ungkapan ini hanya cukup mengucapkan Congratulation for you. Karena ucapan ini memiliki makna yang lebih umum. Selain itu, ini digunakan dalam situasi yang informal atau tidak resmi.

Berikut ini contoh Congratulation dan Celebration Expression dalam bentuk dialog beserta artinya.

Dialog 1 

Rani: Hello, Tina. How are you? (Halo, Tina. Apa kabar?)

Tina: Hello, Rani. I am fine thanks. (Halo, Rani. Aku baik terimakasih)

Rani: Long time we didn’t meet. (Lama kita tidak bertemu)

Tina: Yes, you are right. (Ya, kamu benar)

Rani: Yesterday, Tono said if you win speech contest. Congratulation for you (Kemarin kata Tono jika kamu menang lomba pidato. Selamat untukmu)

Tina: Thank you very much for saying so. (Terima kasih banyak telah mengatakannya)

Rani: Oke, I should go. (Ok, saya harus pergi)

Tina: Oke Rani. (oke Rani)

Baca: Penjelasan Tentang Wish dan Hope Secara Lengkap Beserta Contohnya

Dialog 2

Edo: Hi, Dito. (Hi, Dito)

Dito: Hi, Edo. Thanks for coming. (Hi Edo. Terimakasih telah datang)

Edo: Oke. Happy birthday, Dito. (Oke. Selamat ulang tahun Dito)

Dito: Thank you, Edo. (Terima kasih Edo)

Edo: This is gift for you. (Ini hadiah untukmu)

Dito: Thanks. Have seat. (Terima kasih. Silakan duduk)

Dialog 3

Ani: Hi Ana. Who won the badminton match yesterday? (Hai Ana. Siapa yang memenangkan pertandingan bulu tangkis kemarin?)

Ana: Our team did. (Tim kami menang.)

Ani: Well done. I am glad to hear it. (Bagus sekali. Saya senang mendengarnya)

Ana: Thank you, Ani. (Terima kasih, Ani)

Ani: I hope the next match your team will win again. (Saya berharap pada pertandingan selanjutnya tim kalian akan menang lagi)

Ana: I hope so. (Saya harap begitu)

Itulah penjelasan tentang congratulation dan celebration expression beserta contohnya dalam bentuk dialog. Semoga bermanfaat.