Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bermain Game dan Membaca Komik Dapat Meningkatkan Kemampuan Dalam Bahasa Inggris

sharingenglishonline.com - Untuk orang lain, bermain game dan membaca komik hanya kegiatan yang membuang-buang waktu. Namun disisi lain bermain game dan membaca komik memiliki sisi yang positif. Salah satunya dengan bermain game dan membaca komik dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki.

Namun, bermain game dan membaca komik dapat kalian lakukan ketika sedang santai atau di waktu senggang. Sehingga tidak menggangu atau melupakan kewajiban-kewajiban yang harus kalian lakukan. Berikut ini penjelasan dan cara hanya dengan bermain game dan membaca komik dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.


Bermain Game dan Membaca Komik Dapat Meningkatkan Kemampuan Dalam Bahasa Inggris

1. Bermain Game

Kalian bisa bermain di Playstation, PC atau Smartphone yang kalian gunakan. Banyak jenis game yang dapat kalian temukan salah satunya action adventure game. Ketika bermain game akan menemukan sesuatu yang baru atau akan merasakan tertarik dan bersemangat. Sehingga membuat merasa tidak bosan. 

Selain itu, kosakata yang kita dapatkan akan jauh bertahan lama di ingatan dari pada menghafalkannya karena kosakata tersebut selalu kita lihat dan dengarkan saat bermain game. Seperti contoh ketika kalian sedang bermain game dan menemukan kata move left, Death (bergerak ke kiri, kematian) dan move right, Treasure (bergerak ke kanan, harta), lalu kalian tidak tahu arti dari treasure. Ketika kalian bergerak ke kanan, kalian menemukan peti harta karun berisi koin emas. Sehingga kalian bisa mengerti apa arti dari treasure tanpa perlu di terjemahkan. 

Walaupun kalian tidak menterjemahkan arti dari kata tersebut, sudah di pastikan kalian akan mengetahui arti atau makna dari kata tersebut. Berbeda ketika kalian menghafal, kalian hanya akan melihat tulisan dan kata-kata. Sedangkan ketika belajar dengan bermain game, kalian bisa menjelajah, melihat warna dan memiliki kekuatan. 

Baca: 5 Cara Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris

Sehingga dengan bermain game akan menemukan banyak kosakata yang mungkin belum kalian ketahui. Namun, salah satu bahaya saat bermain game akan merasakan kecanduan. Jadi pastikan kalian bermain game di saat waktu luang atau lagi santai. Sehingga kalian tidak melupakan kewajian yang harus di lakukan.

2. Membaca Komik

Pada saat ini, kalian bisa membaca komik tidak hanya dalam bentuk buku tetapi juga bisa membaca komik secara online menggunakan Laptop atau Smartphone yang kalian sedang gunakan. Di Internet banyak tersedia komik menggunakan bahasa Inggris yang dapat kalian baca secara gratis.

Baca komik dalam bahasa Inggris adalah metode yang sangat bagus untuk belajar bahasa Inggris. Berikut ini beberapa alasan mengapa belajar bahasa Inggris dengan membaca komik. Pertama, Kalian tidak akan merasa ketika sedang belajar, terutama kalian yang suka membaca komik. Karena kalian menemukan aktifitas yang kalian sukai jadi merasa santai dan pada saat yang bersamaan berguna juga untuk kalian belajar bahasa Inggris.

Kedua, Kombinasi teks dan ilustrasi membuat mudah untuk mengerti dengan maksudnya. Tulisan text pada komik berupa text yang pendek atau singkat. Jadi kamu gabungkan kalimat yang pendek tersebut dengan gambar-gambar yang ada. Sehingga kamu bisa belajar lebih cepat dan akan lebih cepat di ingat. 

Ketiga, Kalian tidak harus selalu buka kamus karena gambar-gambar yang terdapat di komik yang akan menerjemahkannya kepada kalian. Jadi hanya dengan melihat gambar yang menyertai kata itu, kalian bisa menebak-menebak apa yang sedang terjadi pada konteksnya. Selain itu, ini akan membantu kalian belajar secara kontekstual dan tidak menterjemahkan kata perkata karena disertai gambar. Sehingga kalian bisa menebak-nebak situasi dan keadaannya. 

Baca: Lagu dan Film Dapat Meningkatkan Bahasa Inggris Yang Telah Kita Miliki

Namun, membaca komik dapat mengakibatkan aktifitas yang ketagihan atau ingin selalu membaca cerita selanjutnya. Jadi kalian harus bisa mengatur waktu dan menggunakan waktu senggang atau santai untuk belajar bahasa Inggris dengan membaca komik. Sehingga kalian tidak meninggalkan aktifitas kewajiban kalian yang harus di lakukan. Tanpa kalian sadari game atau komik favorit kalian bisa meningkatkan bahasa Inggris kalian. 

Selain itu, pasti akan terlihat keren jika figur yang ada di game atau komik favorit kalian dalam bentuk nyata seperti dalam bentuk case atau tumbler.  Gangsar Custom menyediakan produk custom yang berkualitas premium, bergaransi, dan murah. Tersedia case untuk semua tipe HP  dan tumber dengan beberapa bentuk berbeda-beda yang keren. Yuk buruan di kepoin

Instagram: @gangsarcustom

Whatsapp/WA 

Shopee: Gangsar Custom 

Nah, itulah pembahasan tentang meningkatkan kemampuan bahasa Inggris hanya dengan bermain Game dan membaca Komik. Semoga bermanfaat.