Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Penggunaan In Order To, So That, dan For Secara Lengkap

sharingenglishonline.com - Ketika berkomunikasi pasti akan mendapatkan atau memberitahukan informasi. Selain itu, dalam komunikasi tersebut memiliki maksud atau tujuan tertentu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyatakan maksud atau tujuan.

Dalam Bahasa Inggris, untuk menyatakan maksud atau tujuan bisa menggunakan in order to, so that, dan for. Namun in order to, so that, dan for memiliki arti atau tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan penggunaan in order to/in order that, so that, dan for secara lengkap.


Penjelasan Penggunaan In Order To, So That, dan For Secara Lengkap

1. In Order To / In Order That

In order to dan in order that memiliki arti supaya atau agar. Penggunaan in order to dan in order that bertujuan untuk melakukan atau memperoleh sesuatu. Selain itu, untuk menggunakan in order to dan in order that minimal memiliki dua clausa atau dua kalimat.

- In order to dapat diantara dua kalimat atau diawal kalimat. Berikut ini rumus cara menggunakan in order to.

In order to + VI/be 

I set an alarm on my phone in order to wake up early. (Saya mengatur alarm di ponsel supaya bangun lebih awal)

In order to wake up early, I set an alarm on my phone. (Supaya bangun lebih awal, Saya mengatur alarm di ponsel)

Penjelasan: pada contoh yang pertama in order to terdapat di antara tengah-tengah dua kalimat. Sedangkan pada kalimat kedua in order to terdapat di awal kalimat. Contoh in order to diatas menggunakan dua clausa atau dua kalimat. 

Jika dipisah setiap kalimat akan berbentuk sebagai berikut. Kalimat pertama adalah I set an alarm on my phone (Saya mengatur alarm di ponsel). Sedangkan, kalimat kedua adalah wake up early (bangun lebih awal).

Setelah kata in order to menggunakan VI (kata kerja) atau to be. Wake up adalah kata kerja.

- Berbeda dengan in order to, pada in order that hanya bisa digunakan di antara tengah-tengah dua kalimat. Berikut ini rumus cara menggunakan in order that.

In order that + S + VI

I sleep early in order that I feel fresh in the morning. (Saya tidur lebih awal agar saya merasa segar di pagi hari)

Penjelasan: pada contoh diatas in order that terdapat di antara tengah-tengah dua kalimat. Setelah kata in order that menggunakan S (subject) dan VI (kata kerja). Subject pada kalimat diatas adalah I yang artinya saya. Sedangkan feel adalah VI (kata kerja) yang artinya merasa. 


2. So That

Secara umum so that memiliki arti sehingga atau supaya. Penggunaan so that bertujuan untuk melakukan atau memperoleh sesuatu. Namun, untuk menggunakan so that minimal memiliki dua clausa atau dua kalimat. 

- So that hanya bisa digunakan di antara tengah-tengah dua kalimat. Berikut ini rumus cara menggunakan so that.

So that + S + (modal) + VI/be

I sleep early so that I can come on time to school. (Saya tidur lebih awal sehingga saya bisa datang tepat waktu ke sekolah)

Penjelasan: pada contoh diatas so that terdapat di antara tengah-tengah dua kalimat. Setelah kata so that menggunakan S (subject), modal, dan VI (kata kerja). Kata yang termasuk jenis modal seperti can, many, would, dan lain-lain.

Subject pada kalimat diatas adalah I yang artinya saya. Modal yang digunakan pada kalimat diatas adalah can yang artinya bisa. Sedangkan come adalah VI (kata kerja) yang artinya datang. 


3. For 

For memiliki arti untuk atau demi. Penggunaan for bertujuan sebagai keterangan. Selain itu, untuk penggunaan for hanya menggunakan satu clausa atau satu kalimat. Berikut ini rumus cara menggunakan so that.

- For + noun (kata benda)

I bought a handphone for my brother. (Saya membeli ponsel untuk kakak saya)

Penjelasan: kalimat diatas hanya menggunakan satu clausa atau satu kalimat. Setelah kata for menggunakan noun (kata benda). Kata benda yang digunakan pada kalimat diatas adalah my brother yang artinya kakak saya.

- For + Ving (kata kerja + ing)

This television is for watching movie. (Televisi ini untuk menonton film)

Penjelasan: kalimat diatas hanya menggunakan satu clausa atau satu kalimat. Setelah kata for menggunakan Ving (kata kerja + ing). Kata kerja yang digunakan pada kalimat diatas adalah watch yang artinya menonton. Namun, karena ditambahkan ing menjadi watching.

Dari penjelasan di atas dapat dilihat perbedaan tujuan dan fungsi penggunaan dari In Order To / In Order That, So That, dan For. Itulah pembahasan tentang bagaimana cara menggunakan in order to, so that, dan for secara lengkap. Semoga bermanfaat.