Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris

sharingenglishonline.com - Banyak bahasa internasional yang bisa kita pelajari. Namun bahasa internasional yang sering digunakan adalah Bahasa Inggris.  Dengan bahasa Inggris dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda negara dengan kita seperti Indonesia dan Amerika.

Pada saat ini bahasa Inggris memiliki peran penting. Lancar berbicara bahasa Inggris dapat memudahkan kita untuk melakukan sesuatu seperti contoh untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, ketika akan melanjutkan sekolah diluar negeri paling tidak bisa berbicara bahasa Inggris walaupun sedikit.

Ketika akan belajar berbicara bahasa Inggris dan mengalami kesulitan seperti kebingungan harus dimulai dari mana atau apa yang harus dilakukan pertama kali. Berikut ini 5 cara cepat lancar berbicara bahasa Inggris.


5 Cara Cepat Lancar Berbicara Bahasa Inggris

1. Membaca Buku

Beberapa orang berpendapat buku adalah gudangnya ilmu. Sehingga sisipkan waktu kita untuk membaca. Tetapi, ketika akan belajar berbicara bahasa Inggris gunakanlah buku yang berbahasa Inggris.

Dengan membaca buku yang menggunakan bahasa Inggris dapat menambah kosakata bahasa Inggris sahabat. Selain itu, sahabat juga dapat belajar grammar atau cara membuat kalimat dengan benar.

Salah satu bacaan yang bisa sahabat baca di waktu senggang yaitu novel atau cerpen bahasa Inggris. Selain ini bisa menambah kosakata atau grammar, sahabat juga bisa menikmati cerita pada bacaan tersebut.

BacaKosakata Bahasa Inggris Yang Digunakan Dalam Sehari-hari

2. Menonton Film

Ketika akan menonton film usahakan menonton film yang berbahasa Inggris. Banyak film menggunakan bahasa Inggris yang dapat dinikmati dan memiliki cerita yang bagus. Salah satu film berbahasa Inggris yang bisa sahabat tonton salah satunya Tingker Bell.

Ketika sedang menonton film gunakanlah subtitle bahasa Inggris. Ini akan membantu sahabat belajar bagaimana mengucapan kata bahasa Inggris dengan benar. Karena beberapa pengucapan kata bahasa Inggris berbeda dengan kata yang ditulis.

Selain itu, dengan adanya subtitle bahasa Inggris sahabat akan lebih fokus dengan melihat subtitle dan sambil mendengarkan pembicara dalam film mengucapkan kata yang terdapat pada subtitle tersebut.

3. Mencari Teman

Maksud dari cari teman disini adalah carilah teman yang mau diajak untuk berbicara berbahasa Inggris. Banyak cara agar menemukan teman untuk berbicara bahasa Inggris seperti contoh sahabat seorang pelajar bisa meminta guru bahasa inggris atau teman yang sedang mengambil jurusan bahasa Inggris untuk menjadi teman berbicara bahasa inggris.

Selain itu, ada beberapa group belajar bahasa Inggris yang dapat sahabat ikuti. Dalam group tersebut sahabat dapat berkomunikasi antar seseorang yang sedang belajar bahasa Inggris dan akan saling memberikan masukan bagaimana menggunakan bahasa Inggris dengan benar.

BacaLagu dan Film Dapat Meningkatkan Bahasa Inggris Yang Telah Kita Miliki

4. Aplikasi Penerjemah

Ketika belajar bahasa inggris pasti akan menemukan kata atau kalimat yang tidak di mengerti atau tidak tahu dengan artinya. Ini akan mempersulit ketika belajar bahasa inggris.

Pada saat ini banyak tersedia aplikasi terjemahan online maupun offline. Aplikasi yang bisa sahabat gunakan Google Translate atau U-dictionary. Cara menggunakan aplikasi ini bisa diketik, di ucapkan atau difoto kalimat yang akan di terjemahkan.

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia adalah bahasa yang berbeda. Sehingga jika kata yang akan diterjemahkan dalam bentuk kalimat jangan diterjemahkan kata perkata karena artinya akan tidak sesuai.

5. Lakukan

Ketika sahabat ingin belajar berbicara menggunakan bahasa inggris dan menerapkan cara diatas atau cara yang lain lakukanlah. Jangan melakukannya karna terpaksa karena tidak akan berjalan dengan lancar.

Sahabat harus menikmati prosesnya dan melakukannya dengan menyenangkan. Sehingga dengan berjalannya waktu sahabat akan lancar berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Itulah 5 cara cepat lancar berbicara bahasa Inggris yang dapat sahabat lakukan. Semoga bermanfaat.