Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Present Perfect Beserta Jawabannya

sharingenglishonline.com - Belum lengkap jika kita belajar namun tidak mencoba mengerjakan soal materi yang sudah kita pelajari. Sehingga kita tidak bisa mengukur pemahaman kita sampai mana dalam materi yang sudah dipelajari. Dengan adanya soal dapat membantu untuk mengetes kemampuan setelah kita belajar materi tertentu.


Sebelumnya saya sudah membahas tentang present perfect. Saya akan menuliskan beberapa soal present perfect yang dapat sahabat coba kerjakan. Sebelum mengerjakan soal saya akan membahas secara singkat tentang present perfect.

Present perfect adalah menyatakan suatu kegiatan yang telah selesai dilakukan pada waktu yang tidak tentu dimasa lampau dan biasanya berakibat dimasa sekarang. Tobe yang digunakan dalam present perfect yaitu have atau has yang disesuaikan dengan subjectnya. Berikut ini pembagiannya.

I, YOU, WE, THEY menggunakan Have
HE, SHE, IT menggunakan Has

Kata kerja yang digunakan dalam present perfect yaitu kata kerja ke tiga (VIII). Berikut ini rumus present perfect,

(+) S + Have/Has + VIII / Been + O 
(-)  S + Have/Has + Not + VIII / Been + O 
(?) Have/Has + S + VIII / Been + O ?
VIII/been maksudnya VIII yaitu untuk kata kerja. Sedangkan Been digunakan untuk kata sifat (adjective) dan kata keterangan (adverb).

Contoh Soal Present Perfect Beserta Jawabannya

Sahabat dapat mencoba mengerjakan beberapa jenis soal berikut yang disertai dengan jawabannya.

I. Put the following sentences into the present perfect tense
   1. Do you study Chinese?
   2. Does Ana eat meatball?
   3. Do you fix the bicycle?
   4. Ana does his homework at school.
   5. I take two banana for my breakfast.
   6. They watch Raisa’s concert in Surabaya.
   7. Jojo plays game with his friends.
   8. Do we drink water?
   9. Clara talks with her friends.
  10. Ana reads novel.

II. Correct the mistakes in this sentences
   1. I have not talk about your family.
   2. What does she watched?
   3. She seen the tree in my yard.
   4. He has eat meatball in canteen.
   5. The laptop has not work.
   6. Is Ana read english book?
   7. Dendi written a letter.
   8. Doni sung Noah’s song in bathroom.
   9. I listened rock music.
  10. I have sweep my room.

Baca: Contoh Kalimat Present Perfect Tense dan Penjelasannya
          Contoh Kalimat Past Continuous dan Penjelasannya
          Penjelasan Passive Voice Beserta Contoh Kalimatnya

Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Kunci jawaban I

1. Do you study Chinese?
Rumus interogatif Have/Has + S + VIII / Been + O sehingga jawabannya Have you studied Chinese? karena subject yang digunakan You jadi menggunakan have dan study adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi studied.

2. Does Ana eat meatball?
Rumus interogatif Have/Has + S + VIII / Been + O sehingga jawabannya Has Ana eaten meatball?karena subject yang digunakan Ana (she) jadi menggunakan has dan eat adalah kata kerja dan          diganti VIII menjadi eaten.

3. Do you fix the bicycle?
Rumus interogatif Have/Has + S + VIII / Been + O sehingga jawabannya Have you fixed bicycle? karena subject yang digunakan You jadi menggunakan have dan fix adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi fixed.

4. Ana does his homework at school.
Rumus positif S + Have/Has + VIII / Been + O sehingga jawabannya Ana has done his homework at school karena subject yang digunakan Ana (she) jadi menggunakan has dan do adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi done.

5. I take two banana for my breakfast.
Rumus positif S + Have/Has + VIII / Been + O sehingga jawabannya I have taken two banana for my breakfast karena subject yang digunakan I jadi menggunakan have dan take adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi taken.

6. They watch Raisa’s concert in Surabaya.
Rumus positif S + Have/Has + VIII / Been + O sehingga jawabannya They have watched Raisa’s concert in Surabaya karena subject yang digunakan They jadi menggunakan have dan watch adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi watched.

7. Jojo plays game with his friends.
Rumus positif S + Have/Has + VIII / Been + O sehingga jawabannya Jojo has played game with his friends karena subject yang digunakan Jojo (he) jadi menggunakan has dan play adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi played.

8. Do we drink water?
Rumus interogatif Have/Has + S + VIII / Been + O sehingga jawabannya Have we drunk water? karena subject yang digunakan We jadi menggunakan have dan drink adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi drunk.

9. Clara talks with her friends.
Rumus positif S + Have/Has + VIII / Been + O sehingga jawabannya Clara has talked with her friends karena subject yang digunakan Clara (she) jadi menggunakan has dan talk adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi talked.

10. Ana reads novel.
Rumus positif S + Have/Has + VIII / Been + O sehingga jawabannya Ana has read novel karena subject yang digunakan Ana (he) jadi menggunakan has dan read adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi read.

Kunci jawaban II

1. I have not talk about your family.
Kalimat diatas yang perlu dirubah adalah talk karena talk adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi talked. Sehingga jawabannya I have not talked about your family.

2. What does she watched?
Kalimat diatas yang perlu diganti adalah does menjadi has sehingga jawabannya What has she watched?

3. She seen the tree in my yard.
Kalimat diatas perlu ditambahkan has karena menggunakan subject she sehingga jawabannya She has seen the tree in my yard.

4. He has eat meatball in canteen.
Kalimat diatas yang perlu dirubah adalah eat karena eat adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi eaten. Sehingga jawabannya He has eaten meatball in canteen.

5. The laptop has not work.
Kalimat diatas yang perlu dirubah adalah work karena work adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi worked. Sehingga jawabannya The laptop has not worked.

6. Is Ana read english book?
Kalimat diatas yang perlu diganti adalah is menjadi has sehingga jawabannya Has Ana read english book?

7. Dendi written a letter.
Kalimat diatas perlu ditambahkan has karena menggunakan subject Dendi (he) sehingga jawabannya Dendi has written a letter.

8. Doni sung Noah’s song in bathroom.
Kalimat diatas perlu ditambahkan has karena menggunakan subject Doni (he) sehingga jawabannya Doni has sung Noah’s song in bathroom.

9. I listened rock music.
Kalimat diatas perlu ditambahkan have karena menggunakan subject I sehingga jawabannya I have listened rock music.

10. I have sweep my room.
Kalimat diatas yang perlu dirubah adalah sweep karena sweep adalah kata kerja dan diganti VIII menjadi swept. Sehingga jawabannya I have swept my room.

Nah itulah beberapa soal present perfect yang bisa sahabat coba untuk mengerjakan. Semoga bermanfaat.